Program Studi : Administrasi Negara (S1)
Jenjang : S1
Kepala Progdi : Drs. Sugiyanto, M.Si
VISI, MISI DAN TUJUAN
Visi
Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi yang menghasilkan tenaga profesional dan berkualitas di bidang Administrasi Publik yang berorientasi pada pelayanan publik dan mampu bersaing di tingkat regional, nasional dan internasional
|
Misi
a. Menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang Administrasi Publik yang berorientasi pada pelayanan publik dan berbasis penjaminan mutu.
b. Melakukan usaha kerjasama dan kemitraan institusional di bidang Administrasi Publik yang berorientasi pada pelayana publik melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di tingkat regional, nasional maupun internasional untuk pengembangan institusi dan sumber daya. c. Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa di bidang Administrasi Publik yang berorientasi pada pelayanan publik untuk mengantisipasi perubahan global. |
Tujuan
a. Melaksanakan proses pembelajaran yang produktif, efektif dan efisien yang menghasilkan sarjana berkualitas yang menguasai IPTEK di bidang Administrasi Publik yang berorientasi pada pelayanan publik yang dilandasi sikap jujur dan adil, berkarakter kepemimpinan, inovatif, kreatif, mandiri, mampu bersaing, unggul dalam kemampuan akademik dan profesional yang sesuai dengan tuntutan zaman serta meningkatkan daya tarik masyarakat untuk masuk ke program studi Administrasi Publik
b. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat guna memecahkan permasalahan di bidang Administrasi Publik yang berorientasi pada pelayanan publik. c. Membangun kerjasama dengan stakeholders untuk memperkuat kelembagaan, memperkuat posisi alumni di tengah pasar kerja, untuk penanganan isu-isu Administrasi Publik dan untuk mewujudkan good governance. d. Meningkatkan kompetensi dosen, baik melalui pendidikan formal maupun melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat). e. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem administrasi akademik berbasis teknologi informasi. |
KURIKULUM ADMINISTRASI NEGARA S1
Kurikulum
Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
Kurikulum memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat matakuliah / modul / blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi matakuliah / modul / blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
Kurikulum dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku ( soft skills ) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.
Kompetensi
Kompetensi pendukung lulusan
Kompetensi pendukung lulusan Program Studi S1 ANE STIA ASMI Solo :
a. kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing (Bahasa Inggris). b. Kemampuan memanfaatkan teknologi informasi. |
Struktur Kurikulum Program Studi Administrasi Negara STIA ASMI S1
Semester 1
Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | SKS |
AP1013 | Pendidikan Agama | 3 |
AP1023 | Bahasa Indonesia | 3 |
AP1033 | Pendidikan Kewarganegaraan | 3 |
AP1043 | Filsafat Administrasi | 3 |
AP1053 | Pengantar Ilmu Administrasi Publik | 3 |
AP1063 | Pengantar Ilmu Politik | 3 |
AP1073 | Asas-asas Manajemen | 3 |
Semester 2
Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | SKS |
AP2013 | Teori Administrasi Publik | 3 |
AP2023 | Ekonomi Politik | 3 |
AP2033 | Administrasi Perkantoran | 3 |
AP2043 | Perilaku Organisasi | 3 |
AP2053 | Bahasa Inggris | 3 |
AP2063 | Hukum Administrasi Publik | 3 |
AP2073 | Statistik | 3 |
Semester 3
Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | SKS |
AP3013 | Public Relation | 3 |
AP3023 | Administrasi Pembangunan | 3 |
AP3033 | Kebijakan Publik | 3 |
AP3043 | Administrasi Pelayanan Publik | 3 |
AP3053 | Organisasi dan Manajemen | 3 |
AP3063 | Administrasi Keuangan Publik | 3 |
AP3073 | Komputer I | 3 |
Semester 4
Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | SKS |
AP4013 | Reformasi Administrasi | 3 |
AP4023 | Manajemen Sumber Daya Manusia | 3 |
AP4033 | Perencanaan Pembangunan | 3 |
AP4043 | Administrasi Kesekretariatan dan Keprotokolan | 3 |
AP4053 | Teori Birokrasi Publik | 3 |
AP4063 | Kinerja Administrasi Pelayanan Publik | 3 |
AP4073 | Komputer II | 3 |
Semester 5
Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | SKS |
AP5013 | Sistem Informasi Manajemen | 3 |
AP5023 | Kewirausahaan | 3 |
AP5033 | Kebijakan Lingkungan | 3 |
AP5043 | Kebijakan Pembangunan Perkotaan | 3 |
AP5053 | Kepemimpinan Sektor Publik | 3 |
AP5063 | Teknik Pengambilan Keputusan | 3 |
AP5073 | Komputer III | 3 |
Semester 6
Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | SKS |
AP6013 | Hubungan Internasional | 3 |
AP6023 | Desentralisasi dan Otonomi Daerah | 3 |
AP6033 | Metodologi Penelitian Administrasi Publik | 3 |
AP6043 | Perbandingan Administrasi Negara | 3 |
AP6053 | Pemb. Kapasitas dan Kelembagaan Sektor Publik | 3 |
AP6063 | Reformasi Birokrasi Publik | 3 |
Semester 7
Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | SKS |
AP7013 | Kebijakan Kependudukan | 3 |
AP7023 | Seminar Administrasi Pelayanan Publik | 3 |
AP7033 | Manajemen Konflik | 3 |
AP7043 | Etika Administrasi | 3 |
AP7053 | Isu-isu Administrasi Publik | 3 |
Semester 8
Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | SKS |
AP8013 | Magang Berbasis Kompetensi | 3 |
AP8023 | Skripsi dan Komprehensif | 6 |
Alumni
Sampai saat ini jumlah Alumni Program Studi Administrasi Negara S1 STIA ASMI Solo sebanyak 101 alumni
Adapun dari jumlah alumni tersebut sudah bekerja di sektor pemerintahan menjadi Pegawai Negeri Sipil, di sektor swasta maupun sebagai pengusaha atau membuka usaha secara mandiri